Mengenal Trend Penggalangan Dana Secara Online

Mengenal Trend Penggalangan Dana Secara Online

Donasi merupakan proses pemberian bantuan dari individu maupun atas nama lembaga. Donatur akan memberikan donasi kepada pihak lainnya dalam bentuk yang beragam. Proses dalam memberikan dana dan menerima dana tersebut bisa dilakukan dengan penggalangan dana baik dengan cara konvensional atau cara terbaru yang banyak dilakukan adalah secara digital dengan mengadakan donasi online.

Mengenal Apa Itu Penggalangan Dana

Fundraising atau penggalangan dana dapat diartikan dengan sederhana sebagai proses untuk menghimpun atau mengumpulkan dana. Pengumpulan dana tersebut dapat dilakukan oleh individu, kelompok, dan juga lembaga tertentu yang mempunyai tujuan tertentu sesuai dengan kesepakatan. Dana yang telah dikumpulkan dari fundraising yang dilakukan tersebut akan digunakan untuk tujuan yang dipunyai dengan pertanggungjawaban yang bisa menjamin bahwa dana akan dikelola dan digunakan dengan baik. 

Mengenal Tujuan Penggalangan Dana

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kegiatan fundraising mempunyai tujuan tertentu yang disepakati sebelumnya. Sehingga hal tersebut akan mempunyai dasar donatur yang memberikan sumbangan dan juga penggunaan dana yang terkumpul selanjutnya. Adapun untuk berbagai tujuan dari kegiatan fundraising yang dilakukan adalah untuk:

  • Tujuan pertama dari fundraising tentunya adalah merupakan langkah untuk dapat mengumpulkan dana. Sesuai namanya, acara ini akan dapat untuk menggalang atau menghimpun dana yang dilakukan oleh penyelenggara baik individu maupun lembaga yang mempunyai tujuan tertentu. Dana yang terkumpul akan digunakan sesuai dengan tujuan pengumpulan dana yang juga diketahui oleh donatur sebelumnya. Seperti menghimpun dana untuk kegiatan sosial bagi komunitas, mendukung penelitian, memberikan bantuan ketika terjadinya bencana alam, dan juga masih banyak lainnya.

  • Tujuan selanjutnya adalah menarik donatur untuk melakukan pemberian sumbangan. Fundraising diadakan untuk dapat menarik minat sehingga akan mendapatkan donatur yang menyumbangkan dana untuk tujuan dari program yang dipunyai.

  • Tujuan lainnya adalah untuk dapat mengajak orang lain untuk melakukan perbuatan kebaikan melalui  pengadaan penggalangan dana karena terlibat dalam kegiatan yang positif. Pengadaan fundraising akan bisa memberikan awareness pada suatu topik yang dipilih sehingga dapat untuk mengajak kebaikan dan menanamkan rasa simpati kepada lebih banyak orang. Hal tersebut akan membantu untuk bisa menarik donatur yang dapat memberikan bantuan untuk program pengumpulan dana yang dilakukan.

  • Tujuan dari kegiatan fundraising fokus untuk menolong yang sedang membutuhkan. Sehingga bisa membuat orang lain turut bergerak dalam membantu orang atau kelompok rentan yang membutuhkan.

  • Tujuan terakhir dari fundraising adalah membantu membangun fasilitas yang dibutuhkan secara gotong royong, sehingga akan memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

Macam Cara Untuk Penggalangan Dana

Untuk menggalang dana mempunyai banyak cara yang dapat dilakukan, yang meliputi


Related Articles